Cyber Troops

Peran Cyber Troops Polres Bangkalan Dalam Menunjang Kinerja Kepolisian

Kapolres Bangkalan AKBP Anissullah M Ridha, SIK, SH, MH foto bersama Cyber Troops
Tribratanewsbangkalan.com – Upaya Polres Bangkalan dalam mengimbangi ledakan informasi berkonten negatif dengan memanfaatkan internet melalaui sosial media yakni  dengan mengerahkan pasukan dunia maya (Cyber Troops).

Cyber Troops Polres Bangkalan yang dibentuk pada awal tahun 2017 Beranggotakan 12 orang terdiri dari netizen dan anggota Polri, dibawah kendali Kasubbag Humas AKP Bidarudin, S.H., bertugas menyisir setiap jengkal dunia maya (Cyberspace) untuk meng-counter isu-isu berkonten negatif dan menelusuri pergerakan pelaku tindak kejahatan (Cybercrime).

Kapolres Bangkalan AKBP Anissullah M Ridha, S.I.K., S.H., M.H., mengapresiasi pergerakan Cyber Troops Polres Bangkalan, pasalnya Cyber Troops Polres Bangkalan berhasil membantu Kepolisian dengan mengungkap beberapa kasus salah satunya penghinaan terhadap Kapolri Jenderal Tito Karnavian yang dilakukan seorang warga Bangkalan pada Mei 2017.
Suasana diruang kerja Cyber Troops Polres Bangkalan

AKBP Anis mengatakan “Seiring dengan perkembangan dunia IT dan semenjak Polisi menjadi bagian dari pengguna media sosial keberadaan cyber troops kedepan akan berperan aktif dalam meng-counter isu-isu berkonten negatif atau kasus-kasus cybercrime”. Ungkapnya

“Harus ada peran tersendiri yang peduli terhadap permasalahan dunia maya kalau perlu di jajaran Polres ada divisi cyber, ada satuan atau unit cyber.” Tambah Kapolres Bangkalan.

Kasubbag Humas Polres Bangkalan AKP Bidarudin, S.H., menambahkan “Untuk rekrutmen anggota Cyber Troop berdasarkan latar pendidikan. Saat ini yang sudah tergabung di komunitas Cyber Troops Polres Bangkalan masing-masing berkemampuan di bidang pengembangan software (programer), spesialis photografer dan desain grafis”. Terangnya

“Tidak hanya di Polres, Cyber Troops juga dipetakan di polsek jajaran yang terintegrasi dengan Polres Bangkalan dan jika ditemukan informasi berkonten negatif atau memenuhi unsur provokatif akan disampaikan ke Bidhumas Polda Jatim dan selanjutnya akan di proses”. Imbuh AKP Bida mantan Kapolsek Konang. (Fir)



0 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.