Giat Ops

Polres Bangkalan Terapkan Sterilisasi Gereja Sebelum Ibadah Natal

Petugas Pengamanan sedang memeriksa ruangan di Gereja GBI Bangkalan
Tribratanewsbangkalan.com - Pengamanan Gereja tempat Ibadah umat Kristiani menjadi perhatian khusus Kepala Bagian Operasi (Kabagops) Polres Bangkalan Kompol Nur Halim, SH dalam arahan khususnya kepada seluruh personil Polri yang terlibat Operasi Lilin Semeru 2017, pada Minggu (24/12/2017).

Tim Sakera adalah sebutan lain dari tim khusus patroli gabungan Satsabhara, Satlantas dan Satreskrim, yang selalu siaga dan bisa bergerak cepat karena dilengkapi sepeda motor trail serta senjata api. Salah satu kegiatan yang jelas dapat dirasakan adalah kehadiran patroli hingga usai kegiatan ibadah Natal.

Bila sewaktu-waktu dibutuhkan maka Tim Sakera dapat dipergunakan  untuk mendukung tertibnya pelaksanaan Operasi Lilin Semeru 2017.  Dalam pengarahannya Kompol Nur Halim, SH menekankan agar seluruh Tim Sakera waspada terhadap orang yang mencurigakan.

Untuk memastikan amannya lokasi Gereja, maka sekitar satu jam sebelum acara dimulai dilakukan pemeriksaan seluruh barang-barang yang ada didalam maupun diluar bangunan Gereja, yang dikhawatirkan sebagai barang berbahaya.  Dan sebelum pemeriksaan ruangan dimulai, wajib berkordinasi dengan penjaga atau pengurus Gereja.

Pemeriksaan luar dalam bangunan Gereja, menjadi protap (prosedur tetap) proses pengamanan ibadah Natal. Seperti yang dilakukan pada Minggu (24/12/2017) yakni di  Gereja Bethel Indonesia (GBI) di Jalan Panglima Sudirman 43 Bangkalan, rencananya melaksanakan ibadah pukul 16.00 s/d 19.30 WIB.
  
Sedangkan dua Gereja lainnya yakni Gereja GPPI  (Gereja Pante Kosta Pusat Indonesia) di Jalan Kpt Syafiri 9 Bangkalan dan Gerja Maria Fatimah dijalan Letnan Mestu 13 Bangkalan. Sedangkan Gereja Pantekosta  (GPDI) di Jalan Nangka Raya Nomor 33.

Ratusan jumlah personil yang terlibat pengamanan Natal dan tahun Baru 2018, pada setiap Gereja sudah diploting sebanyak 6-8 anggota yang masing-masing dipimpin oleh seorang perwira dan melaporkan setiap perkembangan situasi dilapangan.

"Pengamanan Ibadah Natal dan Tahun Baru 2018, bukanb saja dilakukan oleh personil Polri tetapi dilakukan secara terpadu dengan instansi terkait melibatkan dinas Kesehatan, Dinas Kebakaran serta Koramil setempat, "Ujar Kompol Nur Halim mantan Kabagops Polres Gresik itu. (bid)

0 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.