Headline

Penyaluran Bertahap, Polres Bangkalan Pastikan Bansos Berjalan Aman

(Penyaluran Bertahap, Polres Bangkalan Pastikan Bansos Berjalan Aman)
Tribratanewsbangkalan.com -  Penyaluran bansos di kabupaten Bangkalan memang terdiri dari dua jenis yakni Rastra dan juga PKH. Dua program ini merupakan program pemerintah yang memang ditujukan untuk keluarga miskin dan kurang mampu. 

Namun, menariknya penyaluran dana yang bertahap dari pusat ini membuat jajaran kepolisian di bawah komando AKBP Boby Pa'ludin Tambunan S.I.K., M.H. terus melakukan penegakan hukum agar masyarakat yang menerima Bansos memang merupakan kalangan yang berhak. 

Hal ini diutarakan langsung oleh pria lulusan Akpol tahun 1999 tersebut kepada awak media yang hari ini meliput kegiatan di Stadion Gelora Bangkalan, Selasa (19/03/2019). "Kepolisian dan Kemensos kan sudah membuat MOU tentang Bansos. Hingga ke akar rumput Polres jajaran dibentuk Satgas Khusus Bansos. Ini semata-mata demi terciptanya situasi yang tetap aman dan kondusif,"urainya. 

Pemerintah sendiri telah menetapkan indeks bantuan sosial yaitu bantuan Tetap PKH Reguler Rp. 550.000/ Keluarga/Tahun, bantuan tetap PKH Akses Rp. 1.000.000/ Keluarga/Tahun (KPM yang tinggal di daerah sulit dan terpencil), KPM yang memiliki Ibu hamil, mempunyai anak balita, tinggal dengan bersama lansia dan disabilitas Rp. 2.400.000,-/jiwa/Tahun.

Juga KPM yang memiliki anak usia sekolah SD Rp. 900.000/ Jiwa /Tahun, SMP Rp. 1.500.000/ Jiwa/Tahun dan SMA Rp. 2.000.000/Jiwa/Tahun

Setiap KPM PKH akan diberikan bantuan maksimal untuk 4 orang berdasarkan komponen kondisionalitas, dengan jumlah penerima tetap 10 juta KPM. Kapolres Bangkalan AKBP Boby Paludin Tambunan mengungkapkan, penandatangan Nota Kesepahaman (MoU) bertujuan untuk memastikan pendistribusian bansos dari Kemensos berjalan optimal dan sesuai petunjuk teknis serta petunjuk pelaksanaannya.

"Kami juga meminta Kasatreskim agar berkoordinasi dengan Dinas Sosial serta instansi pemerintah yang terkait penegakan hukum agar program ini benar-benar bisa terlaksana dengan baik,"ungkap mantan Kasubdit III Jatanras Direskrimum Polda Jatim tersebut kepada tribratanewsbangkalan.com . (Duwi)

0 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.