Polsek Arosbaya

Simulasi Tanggap Bencana Alam Banjir Bersama Kapolsek Arosbaya Polres Bangkalan

(Kapolsek Arosbaya Iptu Fery Riswantoro., S.H. Bersama Para Peserta Simulasi Tanggap Bencana Alam Banjir Bersama )
Tribratanewsbangkalan.com - Polsek Arosbaya, Kapolsek Arosbaya Iptu Fery Riswantoro., S.H. M.H bersama Anggota Aipda Ismail kanit Sabhara Polsek Arosbaya Menghadiri undangan UGM (Universitas Gajah Mada) Jogya bekerja sama BNPB Kabupaten Bangkalan pada pukul 15.00 Wib cara membantu penanggulangan bencana dengan memberikan pemahaman kepada masyarakat untuk senantiasa menjaga ekosistem lingkungannya dan juga mendorong masyarakat untuk memahami perubahan-perubahan alam yang terjadi terkait aktivitas alamiahnya. (Rabu, 11/09/19)


Hasil Kerjasama BNPB dengan UGM dapat mendorong masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaannya terhadap tanda-tanda alamiah dan memiliki kemampuan adaptif sebelum terjadinya bencana.  Dan Tiap-tiap Instansi Pemerintah harus betul-betul memahami tugas dan tanggung jawab serta batas kewenangan dan kemampuannya sehingga dapat bekerja sama dalam mengimplementasikan mitigasi bencana.

Kapolsek Arosbaya Iptu Fery Riswantoro., S.H. M.H menuturkan, "Oleh karena itu sinergitas antar stake holders terkait dengan penanggulangan bencana sangat penting untuk mendukung dalam mewujudkan sebuah sistem peringatan dini (early warning system) dan prosedur tetap yang dipahami oleh masyarkat seluruhnya yang menetap di sekitar daerah rawan bencana. Sistem dan prosedur yang efektif, efisien serta dapat diandalkan akan sulit diwujudkan tanpa adanya kerja sama yang erat sehingga dapat memberikan gambaran tentang upaya-upaya nyata yang dapat dilaksanakan," tuturnya.

"Selanjutnya langkah awal penanggulangan bencana untuk mengurangi dampak negatif bencana dengan beberapa upaya seperti: tidak membuang sampah di sungai, membuat peta rawan bencana, penghijauan hutan dan penanaman pohon bakau, pembangunan bangunan tahan gempa dan memberikan penyuluhan guna meningkatkan kesadaran masyarakat," pangkasnya setelah di konfirmasi melalui Kasubbag Humas Polres Bangkalan Iptu Suyitno., S.H. M.H. (ARBY/L14)

0 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.