Kapolsek Arosbaya Bersama Jajaran Muspika Rapat koordinasi tingkat kecamatan Terkait Upaya Pencegahan Wabah Virus Corona Covid 19 Di Aula Puskesmas Arosbaya



Tribratanewsbangkalan.com Polres Bangkalan – Polsek Arosbaya, Kepala Kepolisian Sektor Arosbaya Iptu Fery Riswantoro., S.H. M.H bersama jajaran Musyawarah Pimpinan Kecamatan ( Muspika ) Kecamatan Arosbaya beserta Stakeholder dan instansi terkait menghadiri rapat koordinasi tingkat Kecamatan dalam upaya pencegahan Wabah Virus Corona Covid 19 di tengah masyarakat, Kamis (26/03/2020).

Dalam kegiatan acara tersebut untuk membahas tentang polemik adanya virus Corona yang menyebar dan ada beberapa cara untuk mencegah agar warga masyarakat tidak terkena penyakit tersebut diantaranya yaitu Usahakan cuci tangan dengan antiseptik setiap aktivitas , Hindari bersalaman , hindari Pegang uang dari orang lain , Penggunaan Masker , Hindari duduk sambil ngobrol dan  Cara mencegah berkembangnya virus Corona atau yang disebut Covid -19 diantaranya Hindari sementara kegiatan hajatan,bila sudah terlanjur menghadiri hajatan lakukan langkah langkah dengan membersihkan tangan dengan anti septic dan Segala sesuatu melaksanakan aktivitas jgn lupa cuci tangan tidak hanya,pagi,siang,sore tapi setiap saat agar covid 19 tidak berkembang menelan korban dan dalam hal ini kita sendiri juga bisa mengecek kondisi kita bila mau keluar dan ciri ciri terkena virus Corona salah satunya Panas 37 keatas, tenggorokan sakit,batuk kering,sesak nafas dan terakhir segera kontrolkan ke Puskesmas terdekat  Penyakit virus Corona sudah memakan korban , untuk itu jaga kebersihan Masing masing warga masyarakat dan Kelangkaan alat proteksi dini (APD) , begitu sulit kami mencari, mohon disampaikan warga masyarakat bagi Kepala desa yang hadir dalam hari ini dan dalam penanggulangan virus ini jangan lupa kita semua cuci tangan, gunakan masker.agar virus tidak menyebar dan yang terakhir pola hidup sehat harus kita utamakan,supaya virus tersebut dapat kita cegah.

Kapolsek Arosbaya Iptu Fery Riswantoro., S.H. M.H. menuturkan Pertimbangan keputusan penanganan Covid 19 didasarkan cepatnya penyebaran virus corona dan pemerintah telah mengeluarkan kebijakan dalam rangka penanganan agar penyebaran tak meluas dan mengganggu keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas). Dalam hal ini, Polri berpedoman pada asas keselamatan rakyat adalah hukum tertinggi atau Salus Populi Suprema Lex Esto. Maklumat ini dibuat untuk melindungi masyarakat.

Di maklumat tersebut juga memerintahkan kegiatan sosial, budaya, keagamaan, aliran kepercayaan dalam bentuk seminar, lokakarya, sarasehan dan sejenisnya ditiadakan. Perintah ini juga termasuk untuk kegiatan konser musik, pekan raya, festival, bazar, pasar malam, pameran dan resepsi keluarga.

Dengan hal tersebut, dia menuturkan kegiatan yang sifatnya mendesak dan tak dapat dihindari hendaknya diselenggarakan dengan tetap menjaga jarak dan mengikuti protokol pencegahan penyebaran virus corona yang telah dibuat Pemerintah.

“Masyarakat dilarang beraktivitas dalam kerumunan, baik itu pagi siang dan malam. Kemudian agar mengurangi kegiatan di luar rumah, kecuali urgen,” pungkas.

Kapolsek Arosbaya Iptu Fery Riswantoro., S.H. M.H. menambahkan “Di samping itu, jika masih ditemukan kerumunan kegiatan masyarakat yang tidak Urgen pihaknya akan memberikan imbauan agar yang bersangkutan membubarkan diri dan kembali ke rumah masing-masing. Bilamana tidak diindahkan maka kita selaku petugas sedang melaksanakan tugas akan lakukan tindakan tegas, artinya ada aturan hukum yang mengatur tentang hal tersebut,” tutupnya. (Hms_baya)

Komentar