Polsek Arosbaya Tak Berikan Izin Keramaian.



Tribratanewsbangkalan.com – Polres bangkalan – Polsek Arosbaya. Untuk memutus mata rantai penyebaran virus Corona atau Covid-19 di Kabupaten Bangkalan, khususnya di Kecamatan Arosbaya, pihak Polsek Arosbaya untuk sementara tidak memberikan pelayanan pembuatan Surat Izin Keramaian (SIK).

Kapolsek Arosbaya Iptu Fery Riswantoro., S.H. M.H mengatakan kebijakan tersebut diambil dalam rangka menindaklanjuti maklumat Kapolri tentang larangan mengumpulkan orang banyak, misalnya seperti kegiatan Isra Mi’raj dan Resepsi Perkawinan.

“Bagi masyarakat diwilayah Kecamatan Arosbaya bila dalam waktu dekat melaksanakan kegiatan, kami minta untuk menunda acara. Alasanya untuk mengantisipasi penyebaran virus Covid 19 (Corona) yang sedang mewabah di dunia khususnya di Wilayah Indonesia Dia juga menyarankan agar acara yang sudah dirancang bukan dilarang, tetapi agar ditunda dulu hingga situasi COVID-19 aman.

Hal tersebut berdasarkan imbauan Maklumat Kapolri tentang kepatuhan terhadap kebijakan Pemerintah dalam penanganan penyebaran virus corona. Tertuang kalimat dalam maklumat Kapolri agar kegiatan yang menyebabkan berkumpulnya massa dalam jumlah banyak baik di tempat umum dan di lingkungan sendiri ditiadakan. Maklumat bernomor Mak/2/III/2020 ini diteken langsung oleh Kapolri pada Kamis (19/3/2020).

Kapolres Bangkalan AKBP Rama Samtama Putra, S.I.K., M.Si, M.H. melalui Kapolsek Arosbaya Iptu Fery Riswantoro., S.H. M.H. menuturkan Pertimbangan keputusan didasarkan cepatnya penyebaran virus corona dan pemerintah telah mengeluarkan kebijakan dalam rangka penanganan agar penyebaran tak meluas dan mengganggu keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas). Dalam hal ini, Polri berpedoman pada asas keselamatan rakyat adalah hukum tertinggi atau Salus Populi Suprema Lex Esto. Maklumat ini dibuat untuk melindungi masyarakat.

Di maklumat tersebut juga memerintahkan kegiatan sosial, budaya, keagamaan, aliran kepercayaan dalam bentuk seminar, lokakarya, sarasehan dan sejenisnya ditiadakan. Perintah ini juga termasuk untuk kegiatan konser musik, pekan raya, festival, bazar, pasar malam, pameran dan resepsi keluarga.

Selanjutnya, diperintahkan untuk tidak mengadakan kegiatan olahraga, kesenian, jasa hiburan, unjuk rasa, pawai dan karnaval serta kegiatan lainnya yang menciptakan kerumunan massa. Kemudian diimbau seluruh pihak tetap tenang, tidak panik dan meningkatkan kewaspadaan di lingkungan masing-masing. Masyarakat juga diminta mengikuti informasi dan imbauan Pemerintah.

Dengan hal tersebut, dia menuturkan kegiatan yang sifatnya mendesak dan tak dapat dihindari hendaknya diselenggarakan dengan tetap menjaga jarak dan mengikuti protokol pencegahan penyebaran virus corona yang telah dibuat Pemerintah.

“Masyarakat dilarang beraktivitas dalam kerumunan, baik itu pagi siang dan malam. Kemudian agar mengurangi kegiatan di luar rumah, kecuali urgen,” pungkas.

Kapolsek Arosbaya Iptu Fery Riswantoro., S.H. M.H. menambahkan “Di samping itu, jika masih ditemukan kerumunan kegiatan masyarakat yang tidak Urgen pihaknya akan memberikan imbauan agar yang bersangkutan membubarkan diri dan kembali ke rumah masing-masing. Bilamana tidak diindahkan maka kita selaku petugas sedang melaksanakan tugas akan lakukan tindakan tegas, artinya ada aturan hukum yang mengatur tentang hal tersebut,” tutupnya. (Hms_baya)

Komentar