Tak Hanya Suramadu, Pelabuhan Kamal Wajibkan Swab Antigen Ditempat Bagi Calon Penumpang Kapal

 


Polres Bangkalan - Polres Bangkalan kali ini sangat serius dalam upaya untuk menurunkan pencegahan covid-19 di bumi dzikir dan sholawat. Keseriusan ini pun ditunjukkan dengan berbagai macam upaya untuk menekan angka penyebaran virus corona yang kini semakin membludak. Seperti hal nya yang dilakukan di pelabuhan ujung kamal. Sejak minggu, 6 juni 2021 kemaren Pelabuhan Kamal juga telah memberlakukan seluruh penumpang kapal baik dari dan menuju ke Pelabuhan Perak Surabaya harus melewati swab test di tempat. 

Nampak yang terlihat pada hari ini, Rabu (09/06/2021) dimana Satpolairud Polres Bangkalan bersama dengan Dinas Kesehatan kabupaten Bangkalan, Urkes Polres Bangkalan, Danramil Kamal, serta Satpol PP melakukan swab antigen kepada penumpang kapal sejak pukul 08.00 WIB. Saat pantauan dari tim Humas Polres Bangkalan pukul 13.00 WIB, setidaknya sudah ada 60 calon penumpang kapal dan 2 diantaranya menunjukkan tanda reaktif. 

Alhasil, Urkes Polres Bangkalan pun langsung merujuk dua orang tersebut untuk dilakukan isolasi mandiri di Balai Diklat Bangkalan yang terletak persis di depan Mapolres Bangkalan. Bagi penumpang kapal yang non-reaktif dan membawa kendaraan baik R2 maupun R4, maka akan langsung ditempel stiker 'Telah Diperiksa' oleh tim khusus kesehatan Polres Bangkalan dan dinkes.

Mengenai hal ini, Kapolres Bangkalan AKBP Didik Hariyanto, S.I.K. menjelaskan jika kegiatan swab test di tempat ini memang bertujuan untuk memberikan keamanan dan kewaspadaan lebih kepada masyarakat agar tetap mematuhi protokol kesehatan 5M guna sama sama menjaga dari wabah bahaya virus corona.

"Swab test ditempat memang kami berlakukan tidak hanya di akses pintu masuk Suramadu sisi Madura. Namun, kami juga melakukan ini di pelabuhan kamal karena saat ini, laut masih menjadi salah satu dominasi masyarakat selain kendaraan darat. Dan kami tetap himbau untuk tetap patuh dengan protokol kesehatan 5M," terang AKBP Didik. 

Lebih lanjut lagi, perwira berpangkat melati dua di pundak tersebut menjelaskan jika saat ini pihaknya terus memberikan sosialisasi dan himbauan kepada masyarakat luas khususnya di kabupaten Bangkalan agar tidak bepergian jika tak ada kegiatan yang mendesak.

"Saya dan segenap perangkat daerah serta dari Polres Bangkalan menghimbau masyarakat untuk tidak berpergian jika tidak ada keperluan. Namun, jika harus keluar rumah saat situasi seperti ini, maka tetap untuk memakai masker, menjaga jarak dan juga tidak bersentuhan secara fisik untuk mengurangi resiko penularan covid-19. Serta tetap mematuhi protokol kesehatan dimanapun berada," tutup perwira kelahiran Bojonegoro 1974 silam. (Duwi)

Postingan populer dari blog ini

Polres Bangkalan Terapkan Kawasan Dilarang Merokok

Residivis Curanmor Berhasil Ditangkap Polsek Modung Polres Bangkalan

Polres Bangkalan Siapkan Hewan Qurban Dalam Rangka Menyambut Idul Adha 1439 H